Modifikasi Suzuki Thunder EN 125

Assalamaualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat semua...Aamiin.
Kali ini kita akan membicarakan modifikasi motor Suzuki Thunder EN 125 milik bro Ridwan Hermawan. 
Motor ini dibeli oleh bro Ridwan dalam keadaan baru pada tahun 2005. Karena performa motor dirasakan kurang mumpuni, maka dilakukanlah modifikasi yang cukup lumayan ekstrim pada motornya.
Mesin standar 125 cc overbore (bore x stroke 57,0 x 48,8 mm) langsung dirubah menjadi 233 cc overstroke ( 66,0 x 68,0). Secara teknis, mesin dengan cc lebih  besar tentunya akan mempunyai tenaga yang lebih besar juga. Dengan berubahnya desain mesin overbore menjadi overstroke akan membuat motor lebih agresif di putaran bawah (RPM rendah). 
Untuk mengimbangi kondisi mesin dengan power yang telah meningkat, maka asupan bensin juga haruslah ditingkatkan. Karburator standar digantikan dengan karburator buatan CPO type PWK 30 dengan klep in 30, out 25 dibantu per klep buatan Jepang (merknya lupa). Untuk membakar bahan bakar yang sudah meningkat, perangkat pengapian diganti menggunakan CDI BRT Hyperband. Tenaga besar disalurkan ke 5 percepatan type close ratio pada gigi 4 & 5 dan rasio gear depan : belakang digunakan 16 : 45.
Perangkat keamanan juga diperbaharui dengan memasang suspensi Up Side Down 41 mm merk NUI yang dikawinkan dengan cakram PSM 310 mm + kaliper rem Brembo Monoblock serta master rem RCB didepan yang didukung oleh selang rem TDR. Suspensi belakang menggunakan DBS GP series ukuran 34. 
Kaki kaki dibuat lebih kekar dengan menggunakan velg 2,50"x17" MGV dibalut ban 120/65-17 FDR RX Radial didepan, sementara dibelakang menggunakan velg 3,50"x17" MGV yang dibalut ban 130/70-17 Corsa R93 Platinum.
Saluran gas buang tidak luput juga diganti dengan model free flow full system buatan WRC.
Karena motor untuk harian, perangkat penerangan juga ditingkatkan dengan menggunakan lampu utama milik Thunder 250 ditambah lampu LED Cree KZ30. Spion tidak luput juga diganti menggunakan spion New Thunder 125.
Motor modifikasi ini oleh pemiliknya kemudian diberi nama  Dedemit.
Kedepannya, akan dilakukan modifikasi lagi pada bagian kopling dengan mengganti rumah koplingnya dengan type Hyper clutch 6 per, rem belakang disk, depan double disk.
Bagi bro & sist yang tertarik untuk melakukan modifikasi seperti bro Ridwan, dapat menghubungi bengkel Jhonespeed di daerah Ceger, Pondok Aren, Tangerang, telfon 0812-9966-6452.
Kita lihat spesifikasi lengkapnya yuk.....


Foto pemilik Thunder Dedemit.

Wassalam.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?