Suzuki Thunder EN 125, Modifikasi Simple Tapi Kencang

 Assalamualaikum wr wb, aa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat ya....Aamiin.

Setelah pernah membahas Suzuki Thunder EN 125 (klik disini) milik om Ridwan Hermawan yang melakukan perubahan kapasitas menjadi 233 cc, maka kali ini kita akan coba bahas modifikasi yang dilakukan oleh om Mochamad Hadiboy pada Thunder 125nya. Seperti apa sih perubahannya? Yuk kita simak bareng-bareng.

Motor Thunder 125 lansiran 2008 milik om Hadiboy ini diserahkan ke pakar kecepatan yaitu bengkel om Jhonespeed dengan pesan supaya motornya nggak ketinggalan dengan motor yang berkapasitas mesin lebih besar tetapi dengan modifikasi simple.
Oleh om Jhon, mesin segera dibongkar dan dijejalkan piston berdiameter 69 mm dengan stroke 69 mm. Dengan bore x stroke seperti diatas didapat kapasitas baru yaitu 258 cc. Besaran nilai bore sama dengan stroke (square type) membuat karakter tenaga terisi secara linier sejak dari putaran mesin rendah hingga tinggi. Untuk mengimbangi kapasitas mesin yang membengkak, karburator orisinil dilengserkan diganti dengan karburator PE 28 ex Honda NSR 150 berikut Klep in & out yang juga diperbesar menjadi 29 & 25. Rasio gear pada gigi 4 & 5 diubah menjadi close rasio dan penggerak akhir menggunakan rantai dengan gear depan 16 mata dan belakang 33 mata. Agar pembuangan lancar, knalpot diganti dengan knalpot free flow dari WRC.
Dengan berbagai ubahan diatas, otomatis tenaga motor akan bertambah, oleh karena itu suspensi depan diganti menggunakan teleskopik fork ex Honda Tiger agar lebih aman & nyaman. Suspensi belakang diganti juga dengan mengadopsi shockbreaker milik Suzuki Thunder 250.
Perangkat penghenti laju depan diganti menggunakan cakram berukuran besar (310 mm) buatan PSM yang dikontrol oleh master rem RCB.
Velg menggunakan velg CW ex Yamaha Vixion old dengan dibalut ban soft compound buatan FDR berukuran 90/80-17 didepan dan dibelakang.
Dengan ubahan seperti ini, om Hadiboy pernah mencoba melarikan motor ini hingga kecepatan 150 km/jam pada gigi 4. Cukup mengerikan untuk motor berbentuk Thunder 125 nih...Sleeper motorcycle....😊😊
Agar motor terlihat lebih sporty dan berkesan balap, seluruh badan motor dilabur cat air brush bertemakan Checkered Flag sementara velg dilabur warna emas.
Bagi yang ingin Thundernya kencang, silahkan langsung menghubungi om Jhon di nomor 0812-9966-6452 untuk berdiskusi agar lebih detail. Tenang aja, om Jhon ini orangnya ramah, asyik & dapat dipercaya.... Sebagai informasi, motor motor garapan om Jhon ini sering diikut sertakan pada ajang balap resmi yang diadakan di Sirkuit Sentul dan berkali-kali mendapatkan podium, jadi bro & sist nggak usah ragu akan kepiawaian bengkel ini.
Kalau gitu, kita lihat spesifikasi lengkapnya yuk.....
Wassalam.







Comments

  1. Masa dijejelin Piston berdiameter 69 mm dengan stroke 69 mm. Dengan bore x stroke seperti diatas didapat kapasitas 258 cc..
    Ngitungnya gimana?
    Di Spek Pistonnyaa gak 69 om Elfin...
    69 sih gaya favorite gue nih... 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Sorry maksud Saya Di ulasan diameter Piston 69,
    Tapi Di spesifikasi diameter Piston 89.. Iringan cc Nya gak jadi 258 cc kalo pake piston 89...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?