BMW M1000RR MY 2021

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat....Aamiin.

Kalau mendengar kata BMW, pasti terbayang akan sosok kendaraan mewah dan mahal....apalagi kalau termasuk kedalam keluarga M series....hadeeeuh....super duper luar biasa deh ini kendaraan pastinya. 

Huruf "M" telah digunakan oleh BMW bertahun tahun lalu untuk menunjukkan versi kendaraan yang lebih sempurna dan memiliki performa tinggi pada mobil-mobil sportnya tetapi masih dapat digunakan sebagai kendaraan harian. Saat ini, "M" telah bermigrasi kedalam BMW Motorrad sehingga terlahirlah motor BMW M1000RR.

BMW M1000RR, BMW Motorrad
Berbasis mesin S1000RR 4 silinder dengan bore x stroke 80,0 x 49,7 mm (999 cc) yang disempurnakan pada beberapa bagian antara lain penggunaan Conecting Rod berbahan Titanium, Piston yang lebih ringan dengan penggunaan 1 ring piston kompresi dan ring lain sebagai ring oli, profil ruang bakar diubah sehingga kompresi menjadi 13,5:1 sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi 212 HP @ 14500 RPM dan torsi 113,08 NM@11000 RPM. Bahan bakar dipasok menggunakan injektor 48 mm ke masing-masing silinder yang profil pada inlet portnya telah dioptimalkan bentuknya agar volume bahan bakar dapat lebih efisien pada RPM tinggi.
Sentuhan terakhir pada mesin adalah penggunaan knalpot Akrapovic berbahan titanium yang lebih ringan sekitar 8 ons dari knalpot standarnya. 
Mesin telah pula dilengkapi dengan 5 mode pengendaraan yakni mode Rain, Road, Dynamic, Race & Race pro. Dynamic Traction Control & Wheelie Control diatur menggunakan platform 6 axis inersia. Gearbox 6 percepatan menggunakan Shift Assistant Pro agar perpindahan gigi tanpa menekan kopling dapat dilakukan baik saat menambah ataupun mengurangi gigi. Untuk pengoptimalan pada pemakaian balap, pola perpindahan gigi dapat dirubah (dibalik) dengan lebih mudah.


Untuk urusan keamanan dan kenyamanan, BMW M1000RR menggunakan Suspensi depan buatan Marzocchi 45 mm dipadu dengan perangkat pengereman double disc 320 mm yang dijepit oleh kaliper Nissin Monoblock 4 piston Radial Mount dengan system ABS. Untuk belakang, suspensi menggunakan Shock gas yang dapat disetting sementara perangkat penghenti laju motor dipercayakan pada disc 220 mm yang dijepit oleh kaliper Nissin 2 piston.
Velg M1000RR menggunakan bahan Serat Karbon dengan ukuran depan 3,50" x 17" dan belakang 6,00" x 17" yang dibalut dengan ban 120/70-17 didepan, serta 200/55-17 dibelakang.
Berat total M1000RR ini hanya 191,87 kg, tinggi tempat duduk 833,12 mm, jarak sumbu roda 1457,96 mm tentunya membuat motor ini siap untuk diajak ngebut baik di trek balap maupun untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Oleh karena itu, fairing telah dilengkapi winglet yang terbuat dari serat karbon untuk menambah downforce dan kestabilan pada kecepatan tinggi. Windscreen didesain ulang agar dapat memberi perlindungan dari angin lebih efektif pada kecepatan 290 km/jam.
Dengan segala keunggulannya, BMW M1000RR adalah motor yang tepat untuk dipinang, bagaimana pendapat bro & sist ?
Terima kasih dan Wassalam. 
  

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?