Cara pemasangan kipas pendingin High Performance pada Yamaha NMax

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...Aamiin.

Kali ini kita akan membahas cara pemasangan kipas pendingin performa tinggi pada Yamaha Nmax yang disediakan oleh om Amir Fauzi sang juragan Razan Yamaha India. Pemasangan dilakukan pada motor penulis dan dilakukan sendiri oleh om Amir Fauzi. 

Seperti telah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa kipas pendingin milik Razan Yamaha India memiliki bilah kipas yang lebih panjang bila dibandingkan dengan kipas bawaan motor, hal ini akan menambah volume udara yang dihisap oleh kipas tersebut sehingga pendinginan radiator akan semakin optimal.
Menurut om Amir Fauzi, pemasangan kipas ini sangat mudah alias PNP (Plug And Play). Mari kita buktikan apakah hal ini benar.
Pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan posisi motor pada standar tengah sehingga motor berdiri sempurna.
Setelah itu ikuti petunjuk pada gambar dibawah ini :


  1. Lepaskan bodi penutup samping kanan motor.


2. Lepaskan footpeg belakang.

3. Lepaskan penutup radiator

4. Tarik radiator kearah kanan secara hati-hati dan buka 3 buah baut pengunci kipas

5. Ambil kipas buatan Razan Yamaha India dan pasang sesuai arah kipas original Nmax.

6. Kipas telah terpasang, pasang kembali semua part seperti semula.






Ternyata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan bongkar pasang kipas ini kurang dari 15 menit. Pemasangan memang benar PNP seperti yang diutarakan oleh om Amir Fauzi.

Bagaimana impresinya setelah dipasang kipas high performance tersebut? Penulis akan ulas pada artikel selanjutnya karena penulis belum sempat mengendarai motor tersebut ke daerah yang rawan kemacetan. Tapi secara logika matematik, kipas yang lebih panjang akan menghisap volume angin lebih besar sehingga pendinginan pada radiator akan semakin optimal. Monggo bila ada komentar bisa ditulis di kolom komentar, dan bila ingin menanyakan mengenai kipas pendingin tersebut diatas lebih jelas, silahkan menghubungi langsung ke om Amir Fauzi di 081818160439.

Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?