Meningkatkan sistem pendinginan Yamaha NMax

 Assalamualaikum wr wb, semoga bro & sist selalu dalam kondisi sehat wal afiat ... Aamiin.

Apabila kita berbicara mengenai kendaraan roda dua maupun empat dengan mesin motor bakar (bukan motor listrik), tentunya bro & sist telah mengetahui bahwa untuk menghasilkan tenaga guna memutar roda motor adalah dengan cara membakar campuran bensin & udara  pada ruang bakar. Karena adanya pembakaran tersebut, maka timbulah tenaga dan juga panas. Panas yang terjadi sebenarnya adalah hal yang kurang diinginkan karena dapat memuaikan material pada silinder mesin sehingga mengakibatkan menurunnya performa kendaraan. Apabila panas sangat tinggi dapat menyebabkan piston mendadak berhenti sehingga mesin menjadi rusak. Oleh karena itu dibutuhkan system pendingin yang sesuai untuk mendinginkan mesin tersebut agar performanya tetap terjaga baik. 

Sistem pendinginan terbagi 2 yaitu Pendinginan dengan Udara & Pendinginan dengan Cairan. Pada motor dengan pendinginan udara, pendinginan dilakukan dengan memanfaatkan sirip-sirip pendingin yang ada pada blok mesin, sementara motor dengan pendinginan cairan memanfaatkan cairan untuk mentransfer panas yang terjadi dari mesin kemudian cairan tersebut didinginkan kembali di radiator.

Motor berpendingin udara akan lebih efektif bila digunakan pada motor dengan mesin terbuka sehingga angin mudah mendinginkan sirip pendingin, tapi untuk motor dengan mesin tertutup yang sangat sulit mendapatkan hembusan angin secara langsung solusinya adalah menggunakan pendingin cairan. Contohnya adalah motor matic Yamaha seperti NMax, Aerox dll. Motor-motor tersebut memiliki mesin yang tertutup oleh bodi sehingga dari pihak Yamaha sudah menyematkan pendingin cairan sebagai sistem pendinginnya. Namun pada kondisi negara tropis dan juga  sering bermacet-macet ria, beberapa pengendara NMax khawatir pendinginan radiatornya akan kurang optimal. 

Untuk mengatasi hal tersebut, om Amir Fauzi juragan Razan Yamaha India mencoba menganalisa kekhawatiran tersebut.
Pendinginan cairan pada mobil dapat dioptimalkan dengan cara mengganti kipas radiator dengan bilah yang lebih banyak atau lebih besar agar kapasitas angin yang dihisap untuk mendinginkan radiator  menjadi semakin besar.Hal yang sama beliau coba terapkan pada Yamaha NMax yaitu dengan cara mengganti kipas standar NMax dengan kipas yang memiliki bilah lebih panjang. 
Apabila dilihat dan diukur, memang kipas milik Razan Yamaha India (gambar kanan) memiliki bilah lebih panjang bila dibandingkan dengan kipas baaan motornya (gambar kiri) sehingga volume udara yang dapat dihisap akan lebih besar. Secara otomatis pendinginan pada radiator juga akan meningkat. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa rekan penunggang NMax yang menyatakan bahwa performa motornya tetap normal walau sering dibawa ke daerah macet maupun perjalanan jauh. Sebagai catatan, kipas radiator milik Razan Yamaha India ini Plug & Play (PNP) sehingga sangat mudah dipasang sebagai pengganti kipas bawaan motor.

Untuk lebih jelasnya, bro & sist bisa melihat pada artikel "Cara mengganti kipas radiator Yamaha NMax".

Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?