Suzuki Burgman 200

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat....Aamiin.

Di era yang membutuhkan kecepatan, ketepatan waktu serta efisiensi yang tinggi tentunya menuntut alat transportasi yang lebih mumpuni. Salah satunya adalah sepeda motor. Tapi karena tingginya volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan dimana-mana, banyak yang beralih ke motor matic. Seperti telah dibahas di artikel sebelumnya bahwa motor matic juga telah banyak digunakan sebagai motor jelajah untuk touring maupun mudik, maka akan kita bahas salah satu motor matic yang cukup unik, nyaman untuk kebanyakan orang Asia, bentuknya keren serta cocok untuk kendaraan touring yaitu Suzuki Burgman.

Suzuki Burgman diproduksi dengan beragam kapasitas mesin yakni 125 cc hingga 650 cc. Yang akan kita bahas adalah Suzuki Burgman yang pernah masuk melalui jalur ATPM pada sekitar tahun 2014 hingga 2015 yakni Burgman UH 200.
Memiliki bentuk yang berbeda dibanding scooter maxi pabrikan lain membuat motor scooter ini cukup diminati, namun karena harganya yang cukup mahal dikala itu (sekitar 53 juta OTR Jakarta) membuat banyak peminat menjadi surut kembali. 
Walau dari segi harga yang lebih tinggi dari scooter pesaing, namun motor ini tetap menarik bagi sebagian penyuka big scooter. Hal ini disebabkan oleh  spesifikasinya yang sangat menarik antara lain :
Kapasitas mesin       : 200 cc, 1 silinder, 4T SOHC
Jumlah valve            4 valve
Bore x stroke            : 69,0 x 53,4 mm
Kompresi                  : 11,0 : 1
Tenaga                       : 18,1 HP @ 8.000 RPM
Pengapian                 : CDI
Pendinginan              : Cairan
Suspensi depan         : Teleskopik oil damped
Suspensi belakang    : Swing arm, double shock
Ban depan                 : 110/90-13
Ban belakang            : 130/70-12
Rem depan                : Satu Disc 240 mm
Rem belakang           : Satu Disc 240 mm
Berat kosong             : 150 kg
Berat isi                     : 163 kg
Tinggi kursi               : 735 mm
Tinggi keseluruhan    : 1.240 mm
Panjang keseluruhan  : 2.055 mm
Bagasi bawah kursi    : 41 liter (muat 2 helm berdampingan)
Tangki bahan bakar    : 10,5 liter
Tinggi kursi sengaja penulis tebalkan angkanya karena hanya 735 mm yang notabene sangatlah rendah dan sangat cocok untuk pengendara Asia yang tidak terlalu tinggi. Penulis yang memiliki tinggi  hanya 163 cm tidak mengalami kesulitan pada saat mencoba menunggangi motor ini.
Motor ini cukup enak, tenaganyapun sangat cukup, ditambah dengan adanya windshield yang lumayan  tinggi sehingga pengendara terhindar dari terpaan angin depan secara langsung, membuat kenyamanan menunggangi motor ini menjadi semakin bertambah.
Sayangnya pihak Suzuki hanya mendatangkan Burgman 200 dengan unit terbatas pada saat itu dan tidak memasukkannya kembali ke Indonesia.
Karena pihak ATPM Suzuki sudah tidak memasukkan unit ini lagi, apabila bro & sist ingin membeli unit baru Suzuki Burgman 200, bro & sist dapat menghubungi IU (Importir Umum) terdekat.
Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?