Suzuki RM62 hingga GSX-RR Moto GP

Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...Aamiin.

Akhir-akhir ini Suzuki semakin trengginas di Moto GP. Lalu apa sih yang menyebabkan Suzuki bisa ngacir tak terbendung setelah absen podium selama beberapa tahun sebelumnya?

Suzuki GSX-RR Moto GP 2020
Sebelumnya, kita lihat terlebih dahulu sejarah Suzuki di kancah balap motor. Suzuki mulai berkiprah di dunia balap motor sejak 1960 lewat kejuaraan Isle of Man TT. Ditahun 1962, pembalap Suzuki Ernst Degner menjuarai balap tersebut dengan menggunakan Suzuki RM62 berkapasitas 50 cc. Walaupun hanya 50 cc, motor dengan transmisi 8 percepatan bertenaga 8 HP@10500 RPM ini dapat melesat hingga 145 km/jam.
Di tahun 1963, Suzuki dengan RM63 kembali menjuarai Isle of Man TT dengan pembalap Mitsuo Itoh.
Di tahun 2020 ini, Suzuki merayakan 60 tahunnya berkiprah di kancah balap, oleh karena itu pihak Suzuki Ecstar mengaplikasikan warna livery dari motor balap tahun 60-an tersebut ke Suzuki GSX-RR moto GPnya.
Kembali ke sejarah balap Suzuki, sejak 1974 - 2001, Suzuki terjun di Grand Prix World Championship kelas para dewa dengan menggunakan motor 2 T type RGV500 cc yang ditunggangi pembalap seperti Barry Shene, Randy Mamola, Daryl Beatty, Kevin Schwant, Nobuatsu Aoki, Kenny Roberts Jr dan Sete Gibernau dllnya.
Pada tahun 2002, moto GP beralih dari motor 2T ke motor 4T. Disini Suzuki mulai menggunakan mesin 4T dengan konfigurasi V4 bersudut 60 derajat, firing order 180 derajat. Frame masih menggunakan frame milik RGV500. Motor ini dinamakan Suzuki GSV-R.
Dengan sudut mesin 60 derajat, mesin dapat masuk ke dalam frame RGV dengan sempurna, tapi engineer Suzuki mengalami kesulitan saat mendesain throttle body karena sempitnya area mesin.
Pada tahun 2003, sudut mesin diubah menjadi 65 derajat serta mulai digunakannya RBW (Ride By Wire) menggunakan perangkat elektronik dari Mitsubushi.
Di tahun 2006, sudut mesin kembali diperbesar menjadi 75 derajat dan firing order dirubah menjadi 360 derajat serta digunakannya klep Pneumatic.
Dengan perubahan mesin tersebut, pembalap Suzuki masih juga belum dapat berkompetisi dengan pembalap dari kubu pesaing seperti Honda & Yamaha. 
Terkait dengan adanya Krisis Ekonomi Global, Suzuki akhirnya memutuskan untuk menghentikan keikutsertaannya pada Moto GP pada tahun 2011. 
Pada tahun 2012, Suzuki tercium sedang melakukan uji coba prototype yang diduga sebagai penerus GSV-R. Puncaknya pada tanggal 30 September 2014, Suzuki Motor Corporation mengumumkan bahwa mereka akan kembali mengikuti Moto GP pada tahun 2015 dengan menggunakan GSX-RR bermesin 4 silinder segaris.
Mesin 4 silinder ini mirip dengan mesin yang digunakan oleh Yamaha yakni mesin 4 silinder segaris DOHC 16 valve, Crossplane Crankshaft berpendingin cairan. Dengan bobot 160 kg dan tenaga sebesar 230 HP, motor ini dapat melesat hingga 330 km/jam. Pada tahun 2016, mesin mendapatkan beberapa perubahan sehingga tenaganya naik 9,7 HP dan digunakannya ECU Standar dari Magneti Marelli serta pengurangan pada bobot motor sehingga menjadi 157 kg membuat motor GSX-RR dapat melesat hingga 340 km/jam. Spesifikasi dari GSX-RR Moto GP adalah sebagai berikut :
Panjang x Lebar x Tinggi              : 2.096 x 720 x 1.140 mm
Jarak sumbu roda                          : 1.457 mm
Berat                                                 : 157 kg
Mesin                                                : 1.000 cc, 4 stroke, 4 silinder DOHC 16 Valve, Crossplane
Tenaga                                              : 240 HP
Kecepatan maksimum                   : 340 km/jam
Kapasitas tangki bahan bakar       : 22 liter
Rangka                                               : Aluminium Twin Spar
Suspensi depan                                : Inverted telescopic fork Ohlins
Suspensi belakang                           : Monoshock Ohlins
Rem depan                                         : Double disc dengan kaliper Brembo
Rem belakang                                    : Single disc dengan kaliper Brembo

Spesifikasinya motor untuk Moto GP cukup membuat kita bergidik, dengan bobot hanya 157 kg tapi memiliki tenaga 240 HP kemudian digeber habis-habisan di lintasan balap, ada bro & sist yang berani seperti Joan Mir & Alex Rins ?
Terima kasih, Wassalam.
Akrapovic pada Suzuki GSX-RR Moto GP

Suzuki GSX-RR Moto GP 2020

Suzuki GSX-RR Moto GP 2020
 
Suzuki GSX-RR 2020


Suzuki GSV-R 2002


Suzuki RM62

Comments

  1. Now... Suzuki bisa bangkit lg dg pembalapnya alex rins dan john mir.. next randi mamola, kevin, aoki dan robert

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?