Touring pakai motor matic makin lancar dengan tangki besar.

 Assalamualaikum wr wb, semoga bro & sist dalam keadaan sehat wal afiat semua....Aamiin.

Bro & sist, paling asyik kemana-mana naik motor matic. Nggak perlu tarik kopling, ganti gigi....cukup gas dan rem saja sudah cukup. Kendala tangan pegal karena menarik handel kopling saat berada di kemacetan sudah tidak ditemukan. Awalnya matic hanya digunakan sebagai kendaraan komuter, kendaraan yang digunakan untuk mengantar ke tempat beraktifitas. Tapi kemudian hal ini mengalami perubahan karena dirasa cukup asyik gas & rem saja serta kemudahan membawa barang (ada bagasi dibawah jok), akhirnya banyak juga yang menggunakan motor matic ini sebagai kendaraan jarak jauh (mudik saat hari raya) ataupun sebagai kendaraan touring. 

Namun dibalik kelebihan itu, motor matic memiliki kekurangan bila digunakan untuk menjelajah jarak jauh yakni tangki bahan bakar yang terbilang tidak terlalu besar daya tampungnya. Contohnya Yamaha Aerox 155 cc yang memiliki tangki bahan bakar berkapasitas hanya 4,6 liter saja. Sebagai kendaraan komuter, kapasitas ini sudah sangat cukup mengingat motor ini juga nggak boros-boros amat. Tapi lain hal apabila digunakan untuk menjelajah jarak jauh, maka tangki ini dirasa masih kurang besar kapasitasnya.

Hal ini kemudian dianalisa oleh om Amir Fauzi, pemilik Razan Yamaha India yang kemudian melakukan modifikasi pada tangki bahan bakar motor matic Yamaha seperti NMax (6,6 lt), New NMax (7,1 lt), Aerox 155 (4,6 lt) , Mio (4,2 lt), Vino (4,2 lt), XRide (4,2 lt), Lexi (4,2 lt) dll.

Tangki Yamaha Aerox
Dari hasil perhitungan om Amir Fauzi, maka didapatlah perubahan tangki bahan bakar sebagai berikut :
NMax 6,6 lt menjadi 12 lt (181,8 %)
New NMax 7,1 lt menjadi 10 lt (140,8 %)
Aerox 155 cc 4,6 lt menjadi 8 lt (173,9 %)
Mio 4,2 lt menjadi 6 lt (142,8%)
Vino 4,2 lt menjadi 6 lt (142,8%)
XRide 4,2 lt menjadi 6 lt (142,8%)

Lalu bagaimana mengenai kualitas tangki hasil modifikasi Razan Yamaha India ini ? Jangan takut mengenai kualitas tangki modifikasi ini karena dibuat menggunakan material galvanis yang memiliki ketebalan sama dengan material tangki asli. Dan tangki ini juga sudah diekspor ke banyak negara seperti Singapore, Thailand, Malaysia, Fillipina, Turki, Jerman & Rusia.

Jadi, touring akan makin nyaman kan...??? 

Wassalam.

Tangki produksi Razan Yamaha India.


Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?