Ducati Super Sport 950 & 950S MY 2021

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya...Aamiin.

Kalau kita bicara motor eksotis, tentu nggak akan lepas dari motor buatan negeri Italiano ini yakni Ducati. Tidak hanya Ducati Monster, Hypermotard, Diavel ataupun Panigale yang terkenal di pasaran dunia, tapi pabrikan ini juga memiliki motor sport lainnya yakni Ducati Super Sport 950 yang juga terkenal dan ciamik dari segi bentuk & juga mesinnya. Pada penghujung tahun 2020 ini, pihak Ducati merilis versi Super Sport 950 & 950S untuk tahun 2021.

Ducati Super Sport 950S

Bermesin 937 cc Testastretta twin silinder (Bore 94.0 dan Stroke 67.5 mm) , 4 valve/silinder, rasio kompresi 12,6:1, berpendingin cairan,  dan sudah memenuhi persyaratan regulasi Euro 5 dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 HP@9000 RPM dan Torsi sebesar 93 Nm@6500 RPM. Mesin tersebut dipasok oleh fuel injector berdiameter 53 mm yang dikontrol melalui teknologi Ride By Wire. Dengan teknologi ini, Super Sport 950 memiliki 3 pola berkendara yakni Sport, Touring & Urban. Tenaga dari mesin Testastretta ini disalurkan ke transmisi 6 percepatan yang telah menggunakan DQS (Ducati Quick Shift) dan dikontrol oleh kopling hidrolik.
Sasis Trellis yang ringan akan tetapi tetap rigid digunakan untuk memegang mesin yang juga menjadi elemen struktural sasis. Sasis trellis utama dihubungkan ke kepala silinder sedangkan subframe dihubungkan ke silinder vertikal sehingga bobot total kendaraan hanya 210 kg (lebih ringan 1 kg dibanding SS sebelumnya).
Bentuk fairing diadopsi dari Panigale tetapi dengan bentuk lebih halus dan diberi imbuhan berbentuk sirip pada bagian sisi lampu utama yang berfungsi memberi angin untuk bagian kaki pengendara.
Suspensi depan menggunakan Marzocchi 43 mm fully adjustable dikawal velg aluminium alloy 3,5" berbalut ban Pirelli Diablo Rosso III uk. 120/70ZR17, sementara dibelakang menggunakan single sided arm dengan single shock Sachdikawal velg 5,5" berbalut ban Pirelli Diablo Rosso III uk 180/55ZR17.
Penghenti laju motor menggunakan kaliper radial monoblok buatan Brembo M4-32 yang menjepit dua cakram 320 mm didepan sementara dibelakang menggunakan single cakram.

Super Sport 950 & 950S
Ducati Supersport 950 hadir dalam 2 type yaitu 950 & 950S yang merupakan varian lebih tinggi.
Supersport 950 hadir dengan warna merah saja, sementara  950S hadir dengan warna merah & putih mutiara.
Perbedaan 950 dengan 950S terletak pada suspensi depan menggunakan Ohlin 48 mm fully adjustable dan suspensi belakang juga menggunakan Ohlins fully adjustable.
Untuk menambah keamanan & kenyamanan, Ducati telah menyematkan ABS cornering Bosch 9.1 MP yang menjaga agar roda tidak terkunci saat pengereman dan roda belakang tidak terangkat. Selain itu Ducati juga menyematkan Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO.

Instrumen full TFT

Instrumen menggunakan full TFT berukuran 4,3" yang menampilkan Putaran mesin, Kecepatan, Bahan bakar, Ridding mode, Odometer, jam, temperatur mesin, DQS, DTC, ABS serta DWC. Dashboard TFT ini juga didesain untuk menampilkan informasi dari Ducati Multimedia System (DMS). Setelah motor dihubungkan ke smartphone via bluetooth, kita dapat mengatur fungsi fungsi tertentu melalui tombol tombol pada setang. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat-lihat gambar Ducati 950 & 950S. Wassalam.











 


Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?