Kawasaki Ninja ZX10R & ZX10RR MY 2021

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat ya....Aamiin.

Di akhir tahun 2020 ini, geng ijo alias Kawasaki kembali merilis motor superbike terbarunya yakni Ninja ZX10R & ZX10RR. 

Fasia berubah total dari model Ninja ZX10R tahun 2020, terlihat dari bentuk lampu yang menjorok kedalam meyerupai Ninja H2R dan juga keluarga ninja type lainnya keluaran 2020. Bentuk fairingnya pihak Kawasaki menyebutnya bodi aerodinamis baru dengan winglet terintegrasi. Instrumen menggunakan 4,3" digital TFT yang menampilkan speedometer digital, tachometer digital model bar, indikator posisi gear, applikasi throttle, odometer, dual tripmeter, penggunaan bensin rata-rata, volume bensin terpakai, indikator bensin rendah, kecepatan rata-rata, total waktu, temperatur air pendingin, tempratur udara masuk,  jam, tegangan accu, Pengingat service & ganti oli, indikator bila ada telfon & email masuk (bila terkoneksi dengan smartphone melalui bluetooth), indikator pengendaraan ekonomis. Instrumen memiliki 2 mode tampilan yakni untuk jalan raya & untuk trek balap.

Mengusung mesin 998 cc (Bore 76,0 mm X Stroke 55,0 mm) DOHC, 4 silinder segaris, berpendingin cairan yang diperbaharui dengan adanya penambahan perangkat pendingin oli sehingga pendinginan mesin menjadi lebih optimal. Mesin dipasok bahan bakar oleh DFI 47 mm buatan Mikuni dengan 4 throttle bodi yang memiliki sub throttle berbentuk oval, 2 injector tiap silinder. Kompresi 13,0:1 dipercik menggunakan pengapian TCBI dan disalurkan melalui transmisi 6 percepatan.

Mesin dipegang oleh frame aluminium perimeter.
Suspensi depan menggunakan inverted fork BFF (Balance Free Front Fork) dari Showa 43 mm yang dikawal velg 3 spoke dengan ban 120/70ZR17. Di bagian belakang menggunakan suspensi Horizontal Back Link dengan Balance Free Gas Charge Shock dikawal velg 3 spoke dibalut ban 190/55ZR17. Kawasaki menurunkan pivot swingarm sebanyak 1 mm dan membuat swing arm bertambah panjangnya 8 mm dengan harapan agar kestabilan saat menikung pada kecepatan tinggi dapat meningkat.

Perangkat penghenti laju motor menggunakan dual cakram semi folating 330 mm yang dijepit kaliper Brembo Monoblok dengan Dual Radial Mounted  dibagian depan. Pada bagian belakang menggunakan satu cakram berukuran 220 mm yang dijepit dengan kaliper aluminium 1 piston. Untuk type ABS, perangkat pengereman ini dikontrol oleh Kawasaki Intelligent Brake System (KIBS).
Sebagai motor superbike papan atas, ZX10R telah disematkan perangkat seperti Economical Riding Indicator, Electronics Throttle Valves, Kawasaki Engine Brake Control, Electronic Cruise Control, Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF), Power Modes, Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS) serta IMU-Enhanced Chassis Orientatiom Awareness.
Guna menambah kestabilan pada kecepatan tinggi, ZX10R telah diberi Ohlins Electronics Steering Damper. 
Untuk type tertinggi pada model ini yakni Ninja ZX10RR memiliki spesifikasi yang sama dengan ZX10R ABS. Yang membedakan adalah pada velg forged Marchesini dan dibalut ban Pirelli Diablo Supercorsa SP. Mesin terbuat dari material yang lebih kuat dan ringan terutama di bagian Piston serta Conecting Rods berbahan Titanium dari Pankl High Performance Part.
Type ini hanya hadir dalam satu warna pilihan yakni Lime Green saja.
Warna pilihan untuk Kawasaki Ninja ZX10R lebih variatif yakni Metalic Spark Black/Metalic Matte carbon Grey, edisi KRT Lime Green/Ebony/Pearl Blizzard White. Untuk harganya sendiri, Kawasaki USA membandrol :
- Ninja ZX-10R Non ABS $16,399
- Ninja ZX-10R Edisi KRT Non ABS $16,699
- Ninja ZX -10R ABS $17,399
- Ninja ZX-10R Edisi KRT ABS $17,699
- Ninja ZX-10RR $28,999
Bro sist ada yang tertarik? Silahkan menghubungi dealer Kawasaki terdekat di kota anda. Masih penasaran & mau lihat lebih banyak lagi tentang motor ini, silahkan disimak video berikut ini. Wassalam




Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?