LiveWire, Sepeda Motor Listrik dari Harley Davidson

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga dalam keadaan sehat semua ya...Aamiin.

Di era modern yang menginginkan adanya pengurangan polusi udara dan juga meminimalisir penggunaan bahan bakar minyak fosil membuat beberapa pabrikan sepeda motor memutar otak para insinyur mereka untuk membuat kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satu hasil pemikiran mereka adalah kendaraan listrik. Beberapa pabrikan sudah mulai membuat sepeda motor listrik ini, lalu apa yang bisa dilakukan pabrikan dari Milwaukee, Amerika Serikat yakni Harley Davidson yang identik dengan mesin V berkapasitas besar dengan dentuman suara knalpotnya yang khas dalam menghadapi hal ini? 

Harley Davidson LiveWire Vivid Black
Di tahun 2020 ini, pihak Harley Davidson menjawab tantangan tersebut dengan merilis sepeda motor listrik yang dinamakan LiveWire.
Berbekal Motor Magnet Permanen yang dapat menghasilkan tenaga setara 105 Hp dan torsi sebesar 86 lb-ft yang dipasok dari baterai Lithium Ion 15,5 kWh dan dengan transmisi automatis 1 percepatan serta bobot motor 549 lbs, LiveWire sanggup berakselerasi dari 0 hingga 60 mph hanya dalam waktu 3 detik, sementara akselerasi pada 60 - 80 mph hanya butuh 1,9 detik....!!! Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik pada 110 mph.
Pihak Harley mengklaim bahwa LiveWire dapat menjelajah sejauh 152 - 235 km dengan sekali pengisian baterai. Untuk pengisian baterai dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan charger khusus Level 1 dalam waktu sekitar 12,5 jam, tetapi apabila dilakukan pada Stasiun Pengisian Cepat DC Level 2 untuk publik, pengisian hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk 80% pengisian atau 1 jam untuk pengisian penuh.
TFT Touch Screen 4,3 inch
Pengendara dapat memilih mode pengendaraan dalam 7 mode dimana 4 mode preset dan 3 mode custom sesuai selera pengendara dan dapat dilakukan melalui layar TFT Touch Screen 4,3 inch.
LiveWire telah dilengkapi dengan teknologi RDRS (Reflex Defensive Rider System) yang berguna untuk meningkatkan kenyamanan & kepercayaan diri pengendara saat menghadapi situasi yang tidak diinginkan ataupun kondisi jalan yang tidak bagus.
ABS (Anti Lock Brake System), C-ABS (Cornering Enhanced ABS), ELB (Electronic Linked Braking), C-ELB (Cornering Enhanced ELB), C-TCS (Cornering Enhanced Traction Control System), DSCS (Drag Torque Slip Control System), C-DSCS (Cornering DSCS), VHC (Vehicle Hold Control), TPMS (Tire Pressure Monitoring System) adalah system yang telah disematkan kedalam LiveWire RDRS.
Harley Davidson LiveWire Orange Fuse
Suspensi depan menggunakan inverted fork dan belakang monoshock yang semuanya fully adjustable. Suspensi dibuat oleh Showa, sementara perangkat pengereman double cakram didepan dan single cakram dibelakang dijepit oleh kaliper buatan Brembo.
Ban dikembangkan khusus untuk LiveWire oleh pihak Michelin dengan nama Scorcher berukuran 120/70ZR17 (58W) didepan dan 180/55ZR17 (73W) dibelakang.
Warna tersedia yakni Vivid Black, Orange Fuse dan Yellow Fuse. Harga ditawarkan di Amerika adalah USD 29,799 MSRP.
Bro & Sist ada yang berminat untuk meminang Harley Davidson LiveWire? Monggo sambangi dealer Harley terdekat di kota anda.
Wassalam.







Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?