Suzuki GSXR750 100'th Anniversary MY 2021

 Assalamualaikum wr wb, aa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat...Aamiin

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas Suzuki GSXR1000R 100'th Anniversary, kali ini kita akan bahas GSXR series lainnya yakni GSXR750 100'th Anniversary. GSXR750 pertama kali  diproduksi pada awal tahun 1985, merupakan replika motor balap Jepang yang dapat dibeli secara legal untuk dipergunakan dijalan raya. Pada saat ini, hanya Suzuki satu-satunya pabrikan Jepang yang masih memproduksi motor berkapasitas 750 cc sementara pabrikan Jepang lainnya sudah beralih ke 600 cc. Suzuki pun telah memproduksi motor berkapasitas 600 cc (GSXR600) akan tetapi tetap mepertahankan memproduksi motor berkapasitas 750 cc sebagai penengah diantara motor 600 cc dan 1000 cc.

Untuk versi tahun 2021, GSXR750 mengusung mesin 750 cc dengan bore 70,0 mm dan stroke 48,7 mm, DOHC 16 valve (valve terbuat dari titanium), dipasok oleh pengabut bahan bakar injeksi yang dilengkapi dengan SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve) dengan diameter throttle body 42 mm, perbandingan kompresi 12,5:1, mesin ini dapat menghasilkan tenaga 148 hp & torsi 64 lb-ft.
Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan yang sudah diperbaiki dengan membuat gigi satu lebih panjang sementara gigi 2 hingga 6 lebih pendek. Hal ini membuat pembalap mendapatkan awalan start yang bagus.
Desain frame sama dengan GSXR600, sama-sama menggunakan aluminium twin spar, yang membedakan hanyalah jarak sumbu roda, GSXR750 1390 mm, GSXR600 1385 mm. Dengan jarak sumbu roda yang pendek, motor jadi lebih mudah dikendalikan pada saat rebah dan juga memperpendek jangkauan pengendara  dari kursinya ke setang sehingga mempermudah pengendara untuk mengatur posisi pada saat balapan.
Untuk meningkatkan handling, digunakan suspensi depan inverted fork dari Showa type BPF (Big Piston Front Fork) serta monoshock dengan remote reservoir yang semuanya dapat disetel.
Velg depan 3 spoke 3,5"X17" dibalut ban Bridgestone Battlax BT016 Hyper Sport berukuran 120/70-17, dan dibelakang velg 5,5"X17" dengan ban berukuran 180/55-17.
Perangkat pengereman didepan menggunakan double cakram berdiameter 310 mm yg dijepit kaliper Brembo monoblok 4 piston, di bagian belakang menggunakan single cakram berdiameter 220 mm yang dijepit kaliper Nissin satu piston. 
Dengan bobot hanya 190 kg, tenaga 148 hp serta segala kecanggihannya, GSXR750 100'th Anniversary ini dijual dengan harga USD 12,699 MSRP. Barangkali bro & sist ada yang berminat untuk meminangnya tahun depan?
Wassalam.



Comments

Popular posts from this blog

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?

Modifikasi ringan Honda CBR250R MC41 biar nggak ketinggalan...