Suzuki V-Strom 650 MY 2021, Motor Adventure dengan V Engine

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat...Aamiin.

Setelah membahas motor adventure kelas menengah keluaran Honda yakni CB500X (klik disini) pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas motor adventure keluaran Suzuki yakni V-Strom. V-Strom sendiri dibuat dengan berbagai kapasitas antara lain 250, 650 cc, 1000 cc dan 1050 cc. Yang akan kita bahas adalah varian berkapasitas 650 cc yakni V-Strom 650 model tahun 2021.

Suzuki V-Strom 650 XT Adventure

Suzuki meluncurkan V-Strom pertama kali pada tahun 2002 dengan kapasitas 1000 cc, baru pada tahun 2003 Suzuki merilis V-Strom berkapasitas 650 cc dengan target memperluas range pengguna motor adventure. Sejak kemunculannya, V-Strom 650 telah membuat penggunanya mempergunakan motor ini sebagai tunggangan Touring, Commuting serta Fun ride dikarenakan motor ini memiliki posisi berkendara natural, jok nyaman serta mesin dengan karakter yang flexible untuk digunakan sebagai kendaraan harian maupun touring jarak jauh. Di tahun 2021 ini, V-Strom hadir dalam 3 varian yakni V-Strom 650, V-Strom 650 XT dan V-Strom 650 XT Adventure.

Pada varian standar, VStrom 650 tampil dengan velg type casting wheel dengan diameter 19 inch didepan dan 17 inch dibelakang. Pada varian XT, velg aluminium model jari-jari dan ada pelindung tangan (hand guard) pada setang. Untuk varian tertingginya XT Adventure tampil dengan velg aluminium berwarna emas anodized model jari-jari, hand guard serta disematkan pula Pannier yang terbuat dari aluminium sehingga kesan motor adventure semakin kuat pada varian ini.

Menggunakan mesin V-Twin 90 derajat 647 cc DOHC, 8 valve berpendingin cairan (bore x stroke = 81.0 mm x 62.6 mm), rasio kompresi 11.2 : 1 dengan pemasok bahan bakar berupa Fuel Injection yang dilengkapi dengan SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve) dapat menghasilkan Tenaga maksimum 71 hp/8800 rpm serta Torsi maksimum sebesar 62 Nm/6500 rpm. Di beberapa negara, tenaga dibatasi menjadi 47 hp saja. Seperti kita ketahui, mesin dengan konfigurasi V ini memiliki karakter tenaga dari putaran mesin rendah hingga menengah yang sangat baik dan hal itu sangat dibutuhkan oleh para biker pencinta touring.
Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah dilengkapi dengan  Suzuki Advanced Traction Control System sehingga tenaga dapat terkontrol dengan baik.
Chasis menggunakan aluminium twin spar, suspensi depan teleskopik dengan ban berukuran 110/80-R19 M/C 59H tubeless, sementara di belakang monoshock dengan ban 150/80-R17 M/C 69H tubeless. Perangkat penghenti laju memiliki system ABS untuk mengontrol double cakram berdiameter 310 mm berkaliper Tokico 2 piston didepan dan dibelakang menggunakan single cakram berdiameter 260 mm berkaliper Nissin 1 piston. 
Spesifikasi lengkapnya bisa disimak dibawah ini :

Suzuki V-Strom 650

Suzuki V-Strom 650 XT

Suzuki V-Strom 650 XT Adventure

















Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?