Honda CB500X MY 2021, Motor Adventure Kelas Menengah

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat...Aamiin.

Setelah membahas motor touring kelas para sultan (Honda Goldwing 1800 MY 2021, klik disini) yang khusus digunakan di jalan raya, kali ini kita akan bahas motor touring yang bisa blusukan ke berbagai medan on road & semi off road (adventure) di kelas menengah yakni Honda CB500X model tahun 2021. Memang Honda juga memiliki motor adventure yang memiliki kapasitas lebih besar yakni Honda NC750X yang lebih mahal, mewah & memiliki transmisi automatic DCT, namun yang akan kita bahas kali ini adalah versi 500 cc. 

Di varian adventure kelas menengah ini, Honda CB500X harus berhadapan dengan para pesaing yang cukup tangguh yakni Kawasaki Versys 650, Suzuki VStrom 650 dll, namun hanya Honda yang menggunakan mesin berkapasitas paling kecil diantara para rival-rivalnya.
Honda CB500X tahun 2021 masih menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya (sama dengan yang digunakan oleh CBR500R dan CB500F) yaitu 2 slinder sejajar 471 cc, DOHC 8 valve, berpendingin cairan, bore x stroke = 67 mm x 66.8 mm, disuplai bahan bakar oleh PGM-FI dan rasio kompresi 10.7:1 dapat menghasilkan Tenaga maksimum 35 kW/8600 rpm dan Torsi maksimum 43 Nm/6500 rpm. Tenaga tersebut rasanya cukup banget untuk motor kelas menengah ini melaju dijalan on road maupun semi off road.
Untuk menunjang kegiatan adventure, motor ini dibekali dengan suspensi depan dengan travel 5.9 inch (150 mm) dan belakang monoshock dengan travel 5.3 inch (135 mm), didukung pula dengan penggunaan ban berukuran 110/80-19 didepan dan 160/60-17 dibelakang.
Motor adventure ini memiliki tinggi jok pengendara 830 mm, sementara jarak terendah ketanah 180 mm. Jadi biker yang naik motor ini harus memiliki tinggi badan diatas 170 cm, kalau seperti penulis dengan tinggi cuma 163 cm pasti sudah angkat tangan sebelum mencoba....😂😂 
Rem depan menggunakan single cakram bergelombang berdiameter 310 mm yang dijepit kaliper 2 piston, sementara dibelakang menggunakan single cakram bergelombang berdiameter 240 mm dijepit kaliper 1 piston. Guna meningkatkan keamanan, CB500X MY 2021 telah menyematkan ABS 2 channel sebagai perangkat standar penghenti laju motor.
Windscreen berukuran kecil namun cukup lumayan tinggi rernyata dapat menghalau angin saat berkendara pada kecepatan tinggi secara efektif.
Transmisi 6 percepatan yang telah dilengkapi Assist & Slipper Clutch menambah kenyamanan berkendara.
Dengan bobot yang lebih ringan dibanding para rivalnya, CB500X akan lebih mudah dikendalikan.
Warna yang tersedia pada model tahun 2021 ini ada 3 yakni Matt Gun Powder Black Metallic, Pearl Metalloid White, dan Grand Prix Red.
Bagaimana spesifikasi & warna-warna motornya, yuk kita lihat bareng-bareng...


Wassalam.


Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?