TMax 560 MY 2021, Maxy Scooter Sporty Dari Yamaha

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga kalian dalam keadaan sehat ya...Aamiin.

Setelah kita membahas Burgman 650 (klik disini) big scooter dari Suzuki, kali ini kita akan bahas scooter matic sporty dari Yamaha.

TMax model year 2021
Diperkenalkan ke publik pada bulan Juli tahun 2000 dengan kapasitas mesin 499 cc (bore x stroke = 66 mm x 73 mm) 2 silinder sejajar, DOHC 8 valves, berpendingin cairan dan rasio kompresi 10.0:1 . TMax generasi pertama ini dirilis ke pasar sejak 2001 hingga 2003.
Pada tahun 2004, pihak Yamaha merilis TMax generasi kedua dengan melakukan beberapa perubahan antara lain mengganti karburator dengan fuel injection, kompresi mesin ditingkatkan menjadi 11.0:1, forkk depan diperbesar dari 38 mm menjadi 41 mm, cakram depan menjadi double, penyematan rem parkir mekanikal, penggantian roda belakang dari 14 inch menjadi 15 inch, penambahan tachometer pada panel instrumen, serta adanya penambahan pilhan warna Black Max Special edition pada tahun 2006. Generasi kedua ini beredar hingga 2007.
TMax generasi pertama
Pada tahun 2008, Yamaha kembali merilis TMax generasi ketiga dengan mengubah bentuk bodi keseluruhan, penggunaan frame cast aluminium yang lebih ringan, suspensi depan diperbesar dari 41 mm menjadi 43 mm, velg depan berubah dari 14 inch menjadi 15 inch, serta tangki bahan bakar diperbesar dari 14 liter menjadi 15 liter. Pada generasi ini, dirilis juga warna putih White Max sebagai edisi spesial guna memperingati 10'th Anniversary pada tahun 2010. Generasi ketiga ini beredar hingga 2011.
Pada tahun 2012, Yamaha kembali merilis generasi ke 4 TMax dengan melakukan penyegaran yakni memperbesar kapasitas mesin menjadi 530 cc (bore x stroke = 68 mm x 73 mm), rasio kompresi 10.9:1, CVT dan penggerak akhir diubah dari sebelumnya menggunakan rantai menjadi pengerak belt dengan swing arm terpisah dari aluminium. Generasi ke 4 ini beredar hingga 2014. 
Yamaha TMax MY 2010
Tahun 2015, Yamaha kembali merilis generasi ke 5 dengan memberi perubahan pada TMax-nya yaitu  mengganti suspensi depannya dengan model inverted fork serta memberi rem dengan kaliper radial mounted. Generasi ini beredar dipasaran hingga 2016.
Tahun 2017-2019, Yamaha merilis generasi ke 6 TMax dalam 3 varian yakni Standard, SX & DX. Seluruh varian memiliki fitur kontrol throttle secara elektronik & juga system Kontrol Traksi. Pada varian SX & DX memiliki mode pengaturan Tenaga (Power mode), sedangkan pada type DX ditambahkan lagi fitur Cruise Control, Winshield elektrik serta system Keyless.
Pada akhir tahun 2020, Yamaha merilis generasi ke 7 yang memiliki kapasitas mesin 562 cc 2 silinder sejajar DOHC 8 valves berpendingin cairan dengan fitur fitur seperti Cruise Control, Suspensi inverted 41 mm, rem double cakram dengan kaliper radial mounted, Windshield elektrik, Pemanas pada hand grip dan tempat duduk, Ergonomi berkendara yang sudah direvisi, Lampu Sinyal LED yang terintegrasi, Kontrol Traksi & Mode Berkendara, Keyless system dan lain-lain. Kalau dilihat dari bentuknya, big matic keluaran Yamaha ini lebih sporty dibanding rivalnya ya bro? Bentuknya yang meruncing, garis-garis tegas, serta exhaust yang tinggi dibagian belakang semakin membuat motor ini garang. Walaupun terlihat sangat sporty, TMax masih dapat mengakomodir kebutuhan para rider pencinta touring dengan memberikan bagasi yang lumayan luas dibawah jok-nya. 
Mengenai harganya, untuk model 2021 belum dirilis, tapi TMax keluaran tahun sebelumnya berkisar di angka 300 jutaan. Kalau gitu, kita lihat spesifikasi lengkap TMax 560 model tahun 2021 berikut gambarnya yuk....





Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?