Versys 650 MY 2021, Motor Adventure Bersuspensi Unik Dari Kawasaki

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat...Aamiin.

Setelah kita membahas motor-motor adventure seperti Honda CB500X (klik disini) dan juga Suzuki V-Strom 650 (klik disini), maka kurang pas rasanya kalau kita tidak membahas motor adventure keluaran Kawasaki yang sudah banyak dipakai oleh para pencintanya di Indonesia yakni Versys 650 model tahun 2021.

Kawasaki Versys 650 LT
Pada tahun 2021, pihak Kawasaki merilis 2 varian motor adventure kelas menengah ini yakni Versys 650 dan Versys 650 LT. Yang membedakannya, pada versi 650 LT telah dilengkapi dengan KQR mounting clamp berikut 2 buah bagasi dikiri & kanan serta pelindung tangan (hand guard) sehingga terlihat lebih siap untuk diajak adventure jarak jauh. Untuk mesin, kedua varian ini sama-sama menggunakan mesin 649 cc, 2 silinder sejajar, DOHC 8 valves berpendingin cairan. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Ninja 650 (klik disini). Dengan rasio kompresi 10.8:1 serta dipasok oleh 2 unit Keihin throttle body 38 mm yang dilengkapi dengan DFI dan pengapian menggunakan TCBI dengan electronic advance sehingga menghasilkan tenaga maksimum 68 ps/8000 rpm dan Torsi maksimum 64 Nm/6700 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 6 percepatan dengan penggerak akhir berupa rantai. Perangkat penghenti laju motor menggunakan 2 unit cakram berdiameter 300 mm berkaliper 2 piston ABS  didepan, sementara dibelakang menggunakan 1 unit cakram berdiameter 250 mm berkaliper 1 piston ABS.
Kawasaki Versys 650
Suspensi depan menggunakan type inverted fork berdiameter 41 mm dengan travel 5.9 inch yang dilengkapi dengan setelan rebound damping disebelah kanan dan setelan preload disebelah kiri. Di bagian belakang menggunakan monoshock dengan offset kearah bawah (hampir horizontal) bertravel 5.7 inch. Dengan travel yang panjang, diharapkan motor dapat lebih flexible menghadapi kondisi jalan yang bervariasi. Para pengguna Versys 650 mengatakan bahwa motor ini sangat enak & nyaman untuk dibawa adventure jarak jauh, ini disebabkan oleh mesin yang bertenaga dari putaran bawah hingga menengah serta bantingan yang lembut karena suspensi inverted dan monoshock belakang yang berposisi hampir rebah.
Windshield dapat diatur ketinggiannya secara manual hingga 2 inch tanpa menggunakan kunci khusus, hal ini sangat memudahkan apabila pengendara ingin merubah ketinggian windshieldnya saat perjalanan jauh.
So, silahkan bro & sist simak spesifikasi lengkapnya dibawah ini :





Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Ariandri, Hotel Dingin Berselimut Kabut Di Kawasan Cisarua

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?