Suzuki GSX250F Across (GJ75A), motor 4 silinder yang unik
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam kondisi sehat wal afiat...Aamiin.
Kali ini kita coba ngobrolin motor unik Suzuki yang pernah diproduksi 1990 - 1998. Kenapa unik? Apakah karena mesin 250 cc 4 silinder yang digendongnya mampu memproduksi tenaga 45 HP/14500 rpm & torsi 26,4 Nm/10500 rpm ? Atau beratnya yang hanya 163 kg walaupun menggunakan rangka baja (tubular steel) ? Atau karena mesin 4 silindernya hanya menggunakan 2 buah karburator Mikuni BSW 27 ? Bukan itu yang membuatnya unik, tapi letak tangki bahan bakarnya yang membuat motor Across ini menjadi unik.
Tangki bahan bakarnya terletak dibawah kursi pembonceng seperti motor matic ataupun motor bebek.....Nah lho... trus yang di bagian depan itu apa dong ...? Ternyata yang berbentuk seperti tangki bahan bakar itu adalah bagasi sebesar 25 liter yang bisa muat 1 buah helm full face atau barang barang lain yang ingin dibawa saat kita pelesiran. Ini yang tidak dimiliki oleh motor-motor sekelasnya saat itu.Dengan model seperti ini, motor ini layak disebut motor sport touring yang tepat. Dengan bagasi cukup luas memungkinkan pengendara membawa barang tanpa perlu menggendong tas ransel.Transmisi : 6 percepatan
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swing Arm, Monoshock
Rem depan : Disc 300 mm
Rem belakang : Disc 240 mm
Velg : Depan 2,50"x17", Belakang 3,50"x17"
Ban : Depan 110/70-17, Belakang 140/70-17
Tinggi tempat duduk : 770 mm
Semoga pihak Suzuki bisa memproduksi kembali serta memasarkan motor unik ini di Indonesia. Bagaimana pendapat bro & sist mengenai hal ini ?
Wassalam.
Comments
Post a Comment