TU250X, Motor Retro Modern buatan Suzuki

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga dalam keadaan sehat semua ya...Aamiin.

Suzuki adalah pabrik produsen mobil & motor yang dimulai pada tahun 1909 dengan pembuatan alat tenun oleh Michio Suzuki di desa kecil Hamamatsu, Shizuoka, Jepang untuk memporduksi katun secara besar besaran. Pada tahun 1952, Suzuki membuat sepeda bermesin. Mesin 36 cc 2 stroke dipasang pada rangka sepeda. Pada tahun 1952, barulah Suzuki memperkenalkan lambang "S" yang kita kenal hingga saat ini. Salah satu produk Suzuki yang akan kita bahas kali ini adalah motor Retro Modern Suzuki TU250X.

Suzuki TU250X Putih Mutiara
Jangan tertipu dengan bentuknya yang jadul karena dapur pacunya menggunakan mesin 249 cc 4 stroke 1 silinder SOHC dengan pengabut bahan bakar Fuel Injection yang sudah dilengkapi dengan SDTV (Suzuki Dual Throttle Valve) digital.
SDTV Fuel Injection Digital System, pada tiap barrel throttle body memiliki 2 valve kupu-kupu. Valve pertama dikontrol oleh putaran gas di tangan penunggang motor, sementara valve kedua dikontrol oleh ECM (Engine Control Module) sesuai putaran mesin, pemilihan gear percepatan dan juga posisi valve pertama. Fungsi valve kedua ini adalah menyesuaikan kecepatan udara masuk, meningkatkan efisiensi pembakaran, memberikan respon throttle yang linier serta meningkatkan torsi pada putaran mesin rendah hingga menengah.
Suzuki TU250X Hitam
Selain itu, TU250X ini telah menggunakan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) dimana dinding silindernya telah dilapis dengan Nickel Silicon Carbide (seperti pada blok slinder Honda NSR250) sehingga transfer panas mesin dapat berlangsung dengan cepat, jarak ruangan (clearance) piston ke silinder bisa lebih rapat, daya tahan mesin yang tinggi serta tahan terhadap goresan.
Kalau dilihat dari bentuk mesin dan framenya, TU250X ini mengingatkan kita pada Suzuki Thunder 250 yang beredar di Indonesia pada tahun 1999 - 2005. Yang membedakan tentu pada sistem pasokan bahan bakar yang sudah menggunakan fuel injection, exhaust port hanya 1 buah, ukuran ban, bentuk tangki, bentuk jok, knalpot, lampu utama, lampu rem, lampu sein, speedometer, spakbor serta suspensi. Oh iya, pada TU250X ini sudah tidak ditemukan lagi kick starter seperti pada Thunder 250.
Untuk spesifikasi lengkapnya, silahkan bro & sist simak dibawah ini. Aniway, T250 atau T125 sepertinya cakep juga kalau dimodif seperti ini ya...?

Mesin 249 cc

Lampu utama dengan bentuk klasik

Knalpot Chrome

Jok terpisah antara pengendara dan pembonceng

Wassalam.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pilih ban Radial atau Bias ?

Masih layakkah motor 250 cc 1 silinder (Thunder GSX 250) digunakan?

Modifikasi ringan Honda CBR250R MC41 biar nggak ketinggalan...