BMW R18

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat.....Aamiin.

BMW terkenal dengan motor bermesin 2 silinder boxernya, walaupun ada juga yang menggunakan mesin 1 silinder hingga 4 silinder segaris, akan tetapi motor BMW bermesin boxer tetap diminati & tetap diproduksi hingga kini.

Diawal tahun 2020, BMW Motorrad merilis produk terbarunya yakni BMW R18. Motor bermesin 2 silinder boxer 1802 cc ini dapat menghasilkan tenaga hingga 90 HP@4750 RPM dan torsi sebesar 158 Nm@3000 RPM yang disalurkan ke kopling kering dengan gear box 6 percepatan untuk menggerakkan poros gardan yang dibiarkan terbuka sebagai penghormatan kepada para penggemar motor BMW jadul seri R5 dan R51.
Mesin yang dipergunakan pada type ini adalah mesin terbesar yang dibuat oleh BMW sejak tahun 1923. Mesin dilengkapi dengan 4 valve yang digerakkan oleh Push Rod diatas slinder & Rocker Arm pada setiap silindernya. Pendinginan mesin dilakukan menggunakan udara & oli. Pada model ini disediakan juga gigi mundur sebagai opsi.
Karena telah menggunakan Injeksi yang dikontrol secara elektronik digital, maka mode pengendaraan dapat diatur kedalam 3 mode yakni Rock, Roll & Rain. Rock adalah mode paling agresif dengan tenaga & torsi penuh, Roll adalah mode Normal dan Rain adalah mode paling lembut pada respons throttlenya dengan tenaga & torsi yang terbatas.
BMW R18 First Edition
Suspensi belakang tidak terlihat, sekilas seperti hardtail (tanpa suspensi) walau pada kenyataannya suspensi belakang tetap ada hanya saja diletakkan tersembunyi secara rapi dengan menggunakan swingarm Cantilever yang didukung pengereman single disk.
Suspensi depan menggunakan inverted teleskopik berukuran 49 mm yang didukung pengereman double disk. Agar lebih aman, penghenti laju motor ini telah dilengkapi  dengan sistem ABS.
Adapun spesifikasi lengkapnya adalah sebagai berikut :
Mesin                            : 1802 cc 2 silinder, boxer
Bore x Stroke                : 107,1 x 100 mm
Kompresi                       : 9,6 : 1
Top speed                      : sekitar 179 km/jam
Tenaga                            : 90 HP @ 4750 RPM
Torsi                                : 158 Nm@3000 RPM
Ban depan                      : 120/70-19
Ban belakang                 : 180/65-16
P x L x T                          : 2440 x 964 x 1232 mm
Tinggi jok pengendara  : 690 mm
Berat                                : 345 kg

Cukup menarik untuk dimiliki ya bro & sist...saking larisnya, jumlah 12 unit jatah untuk Indonesia pada tahun 2020 ini sudah habis diborong oleh para sultan yang ada di negeri kita ini. Untuk bro & sist yang ingin memilikinya dapat bersabar untuk menunggu jatah berikutnya.

Terima kasih, Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki FXR150, motor canggih di jamannya

Kopi Daong, tempat ngopi ditengah hutan pinus Bogor

Sejarah & Spesifikasi RGV250 Gamma, sang legenda 2 stroke dari Suzuki (#2, MY 1990 - 1992)