Review jalan tol layang Japek menggunakan kendaraan LCGC, Nov.2020.
Get link
Facebook
X
Pinterest
Email
Other Apps
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya....Aamiin.
Jalan tol Jakarta - Cikampek telah diberi tambahan jalan layang agar kendaraan kecil tidak mengalami kemacetan seperti saat melalui jalan tol Japek lama. Jalan tol layang yang telah diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada akhir tahun 2019 ini memang sangat membantu mengurangi kemacetan, akan tetapi jalan ini memiliki kekurangan yang sangat mengganggu yakni sambungan jalan (expansion joint) yang tidak rata dengan permukaan jalan sehingga kendaraan akan terguncang saat melalui sambungan tersebut. Apa sih expansion joint dan fungsinya untuk apa? Expansion joint adalah bahan yang dipasang diantara dua bidang lantai beton sebagai pertemuan antara konstruksi jalan yang berfungsi mengakomodir gerakan yang terjadi pada struktur jembatan yang berasal dari beban bergerak, perubahan suhu serta sifat fisik dari pembentuk jembatan.
Tol layang Japek
Di jalan layang ini penulis lihat ada dua jenis expansion joint, satu terbuat dari karet berwarna hitam dan yang lainnya terbuat dari bahan metal. Pada saat kendaaraan melalui expansion joint berbahan karet, kendaraan masih terasa terguncang walau sudah lebih halus dari sebelumnya, tapi masih terasa adanya guncangan pada kendaraan penulis. Pada saat kendaraan melalui expansion joint yang terbuat dari bahan metal, kendaraan tidak mengalami guncangan yang berarti, jauh lebih halus dibanding melalui expansion joint berbahan karet.
Expansion Joint berbahan Metal
Menurut keterangan dari beberapa website terkait expansion joint jenis metal pada jalan tol layang Japek ini adalah expansion joint jenis modular karena terlihat dari bentuk fisiknya yang terdiri dari beberapa batang metal yang tersusun secara paralel. Expansion joint jenis Modular ini dapat mengakomodir pergerakan lebih dari 100 mm.
Karena bentuknya terdiri dari beberapa batang metal dengan kerataan cukup presisi, kendaraan hanya merasakan sedikit sekali guncangan pada saat melewatinya. Menurut informasi yang penulis dapat, expansion joint berbahan metal ini adalah buatan lokal, hasil karya anak negeri kita sendiri alias buatan Indonesia....sungguh hal yang membanggakan.
Penulis berharap pada kementrian PUPR dan pihak lain yang terkait agar jalan layang berikutnya dapat menggunakan expansion joint berbahan metal agar kenyamanan saat berkendara menjadi semakin meningkat.
Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak video berikut :
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat...Aamiin Suzuki sebagai produsen motor yang berasal dari Jepang terkenal dengan produknya yang kuat dan terkadang melampaui jamannya. Jauh sebelum Suzuki GSXR150 diluncurkan, pabrikan Suzuki telah menelurkan motor sport yang disebut sebut sebagai motor yang melampaui jamannya adalah Suzuki FXR150. Kenapa melampaui jamannya? Disaat motor lain masih menggunakan speedometer analog, FXR sudah menggunakan speedometer digital, mesin sudah 4stroke DOHC, TSCC berpendingin udara & oli, swing arm model banana, frame twin spar, velg Casting Wheel, rem cakram dikedua rodanya serta kelebihan kelebihan lain yang diusungnya. Suzuki FXR150 Diproduksi dan didistribusikan oleh Lion Suzuki Motor Malaysia sejak tahun 1997 hingga 2003. Mengusung mesin 1 silinder 147 cc 4 stroke DOHC, TSCC (Twin Swirl Combution Chamber) berpendingin udara & oli, rasio kompresi 10.7:1, dipasok bahan bakar oleh karburator Mikuni BS2...
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat ya....Aamiin. Berwisata adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat setelah bekerja. Sebisa mungkin jalan menuju lokasi wisata itu lancar, jadi kita nggak tambah capek bin stress karena jalan yang macet. Selain Chevilly resort & camp (klik disini) yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, ternyata ada lagi tempat wisata yang asyik buat nongkrong & menginap di Bogor. Santa Monica Resort Untuk menuju ke lokasi Kopi Daong yang berada di desa Pancawati-Caringin-Bogor, kita ambil jalan arah ke Sukabumi via tol Jagorawi. Setelah keluar dari tol Ciawi, (peta terlampir) kita tinggal lurus saja kearah Sukabumi. Tidak jauh dari sana, kita akan bertemu dengan pertigaan pasar Cikeretek, kita harus belok ke kiri dan lurus terus hingga bertemu dengan Kopi Daong. Untuk menuju ke lokasi rasanya akan lebih asyik bila naik motor atau mobil kecil karena jalan menuju lokasi lumay...
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga dalam keadaan sehat ya...Aamiin. Setelah pembahasan RGV250 Gamma MY 1987-1989 (klik disini) , maka kali ini akan kita bahas generasi penerus yang diproduksi pada tahun 1990 - 1992. Di tahun 1990, tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi pada RGV250 Gamma, yang berubah hanya karburator Mikuni VM32SS diganti dengan karburator berventuri lebih besar yakni Mikuni VM34SS, suspensi belakang full floating yang dapat fully adjustable. Suspensi belakang ini dapat disetting 4 posisi pilihan extension damping force dan 19 posisi pilihan compression damping force. Knalpot masih dikiri kanan dan bentuk swing arm masih kaku (lurus). Perbedaan banyak terjadi pada RGV250 Gamma keluaran 1991-1992. Di sektor mesin masih sama dengan versi sebelumnya, akan tetapi karburator telah diganti menjadi Mikuni TM34SS, suspensi depan menggunakan inverted fork, swing arm menggunakan model banana, velg belakang sudah berdiameter 17 inch, serta pos...
Comments
Post a Comment