Yamaha MT09 MY 2021
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat ya.... Aamiin.
Pada penghujung tahun 2020 ini, banyak pabrikan motor merilis produk-produk baru mereka. Pabrikan berlambang Garpu Tala alias Yamaha juga tidak mau ketinggalan untuk mengeluarkan produk terbarunya. Produk yang akan segera dilepas oleh pabrikan Yamaha adalah si Master of Torque yakni Yamaha MT09.
![]() |
Yamaha MT09 MY 2021 |
Fasia motor ini berubah dengan perubahan bentuk lampu utama.
Mesin masih tetap menggunakan type 3 silinder Crossplane Crankshaft, DOHC, 4 valve/silinder (CP3), namun kapasitas mesin ditingkatkan dari 847 cc menjadi 890 cc dengan cara menaikkan Stroke dari 59,1 mm ke 62,1 mm, sehingga Bore x Stroke di motor ini menjadi 78,0 x 62,1 mm. Kompresi tetap 11,5:1 yang disupport pengabut bahan bakar Fuel Injection dengan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle). Hampir seluruh komponen utama pada mesin baru ini di desain ulang agar mendapatkan bobot yang lebih ringan seperti Piston, Connecting Rod ke Crankshaft, Camshaft & juga Crankcase. Dengan bobot yang lebih ringan dikombinasikan dengan peningkatan efisiensi pembakaran menghasilkan peningkatan effisiensi penggunaan bahan bakar sebesar 11% (dari 44 MPG menjadi 49 MPG).
Efisiensi bahan bakar dapat terjadi karena adanya desain ulang pada sistem Injeksi yang mana pada mesin baru ini injektor diletakkan pada sisi katup throttle di throttle bodies. Bensin disemprotkan oleh injektor ke bagian belakang kepala intake valve untuk meningkatkan atomisasi serta mengurangi adhesi dari bahan bakar ke dinding port sehingga efisiensi pembakaran dapat ditingkatkan. Katup Throttle ini dioperasikan oleh YCC-T yang sudah terbukti pada motor-motor Yamaha seri YZF.Frame juga tidak luput dari pembaharuan. Frame terbaru ini dibuat menggunakan teknologi die casting Yamaha Controlled Filling sehingga menghasilkan rangka yang lebih ringan, lebih lincah, stabil dan mudah dikendarai.
Muffler alias knalpot juga dipebaharui dengan 2 lubang keluaran masing-masing satu outlet di kiri dan satu outlet di kanan secara simetris. Suara yang terbagi dua menjanjikan sensasi terhadap torsi yang berbeda pada pengendara.
Dengan seluruh perubahan yang ada, bobot motor berkurang dari 192,7 kg menjadi 189,15 kg
Spesifikasi lengkap MT09 MY 2021 ini adalah sebagai berikut :
Mesin : 890 cc pendingin cairan, 3 silinder crossplane crankshaft, DOHC, 12 valve
Bore x Stroke : 78,0 x 62,1 mm
Kompresi : 11,5 : 1
Pengabut bahan bakar : Fuel Injector dengan YCC-T
Pengapian : TCI (Transistor Controlled Ignition)
Transmisi : 6 percepatan
Suspensi depan : Inverted Fork 41 mm adjustable preload, compression & rebound.
Suspensi belakang : Single shock, adjustable preload & rebound damping.
Rem depan : Double disk 298 mm ABS
Rem belakang : Single disk 245 mm ABS
P x L x T : 2.090 x 795 x 1.191 mm
Tinggi jok : 825,5 mm
Jarak sumbu roda : 1.430 mm
Berat isi : 189,15 kg
Menarik banget kan bro & sist ? Motor ini akan segera tersedia pada awal tahun 2021, jadi sabar ya bro & sist.
Terima kasih, Wassalam.
Comments
Post a Comment