Honda CBR600RR MY 2021
Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga dalam keadaan sehat ya....Aamiin.
Pada artikel sebelumnya telah kita bahas motor Supersport keluaran Suzuki yakni GSXR600, kali ini kita akan bahas motor Supersport buatan Honda yakni CBR600RR.
Motor sport kelas 600 cc adalah motor untuk para rider yang ingin merasakan hubungan dengan motornya dalam derajat yang lebih tinggi. Semakin besar hubungannya, semakin membuat perjalanan lebih bermanfaat. Oleh karena itulah Honda membuat CBR600RR sebaik yang diinginkan para rider. Mesin 4 silinder segaris berputaran tinggi yang didapat secara cepat dan responsive.
Mengusung mesin 599 cc (bore 67 mm, stroke 42,5 mm) 4 silinder segaris DOHC 16 valve berpendingin cairan, dipasok bahan bakar oleh Dual Stage Fuel Injection (DSFI) berthrottle bodies 40 mm dengan 12 lobang injektor dari Denso dipasok udara segar oleh Dual Stage Ram Air serta rasio kompresi 12,2 : 1 menghasilkan tenaga sebesar 121 ps@14000 rpm dengan torsi 64 Nm@11500 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang 12 spoke yang dibalut ban berukuran 180/55ZR17 melalui transmisi 6 percepatan close ratio yang telah dilengkapi dengan Assist & Slipper Clutch.
Tenaga dikontrol menggunakan sistem Throttle By Wire sehingga memungkinkan pengendara untuk memilih mode pengendaraan yang diinginkan.
Suspensi depan menggunakan inverted fork type BPF (Big Piston Fork) HMAS (Honda Multi Action System) berdiameter 41 mm yang dapat disetel rebound & compression dampingnya menemani roda berukuran 120/70ZR17.
Dibagian belakang menggunakan aluminium swing arm dilengkapi unit monoshock Pro-Link HMAS yang dapat disetel juga.
Rem depan menggunakan dual cakram full floating berdiameter 310 mm yang dijepit kaliper 4 piston radial mounted buatan Tokico, sementara di bagian belakang menggunakan single cakram 220 mm dengan kaliper satu piston buatan Nissin. Pengereman sudah menerapkan sistem C-ABS (Combine Anti Lock Braking).
Tangki bahan bakar diletakkan ditengah sasis dengan posisi rendah pada frame. Hal ini membuat desain lebih kompak dan massa motor lebih tersentralisasi sehingga CBR600RR lebih responsive saat melibas tikungan hingga keluar tikungan.
Dengan Rake (caster angle) 23,5 derajat, Trail 99.06 mm dan kelengkapan steering damper HESD (Honda Electronic Steering Damper), Jarak sumbu roda 1,375 mm, tinggi jok 820 mm serta bobot total kendaraan 194 kg akan membuat CBR600RR ini mudah dikendalikan pada kecepatan rendah maupun tinggi.
Motor yang hanya keluar dalam 1 warna ini (Grand Prix Red Tricolor) ditawarkan dengan harga USD 11,899 MSRP.
Bro & sist ada yang naksir motor ini?
Silahkan disimak videonya supaya lebih jelas.....Wassalam.
Comments
Post a Comment