Suzuki GSXR1000R 100'th Anniversary MY 2021

 Assalamualaikum wr wb, apa kabar bro & sist? Semoga semua dalam keadaan sehat ya...Aamiin.

Di tahun 2020 ini, Suzuki merayakan100'th Anniversary dengan mendapatkan hadiah berupa juara dunia Moto GP 2020 yang diraih oleh pembalapnya yaitu Joan Mir. Oleh karena itu, Suzuki merilis Suzuki GSXR versi 100'th Anniversary yang terinspirasi dari livery motor Joan Mir & Alex Rins di ajang Moto GP 2020.

Untuk type 1000 cc, Suzuki merilis GSXR1000R yang mengusung mesin berkapasitas 999,8 cc (bore 76,0 mm, stroke 55,1 mm) 4 slinder segaris DOHC 16 valve (valve terbuat dari titanium) dilengkapi dengan Suzuki Racing Variabel Valve Timing (SR-VVT) berpendingin cairan dipasok bahan bakar oleh throttle bodi STFI (Suzuki Top Feed Injector) berdiameter 46 mm  (versi sebelumnya 44 mm) dan lebih pendek 19 mm dibanding versi sebelumnya sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 199 hp serta torsi 87 ft-lbs. Mesin juga dilengkapi dengan perangkat Suzuki Exhaust Tuning Alpha (SET-A) yang membuat tenaga lebih merata dan efisien pada setiap level putaran mesin. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan yang menggunakan Sliper & Assist clutch dengan nama  Suzuki Clutch Assist System (S-CAS) yang berfungsi mengurangi slip dan membatasi torsi balik saat deselerasi, akselerasi, turun gigi, pengereman keras saat balapan serta membuat handel kopling menjadi ringan. Transmisi dilengkapi dengan bi-directional quick shifter yang membuat pengendara menaik turunkan gigi tanpa menarik handel kopling.
Kontrol tenaga Suzuki GSXR1000R ini sudah menggunakan sistem Ride By Wire yang dilengkapi  dengan 3 mode pengendaraan.

Frame terbuat dari aluminium memiliki desain baru dengan bentuk lebih kompak & lebih pendek. Sub frame terbuat dari aluminium kotak sehingga mengurangi bobotnya sebanyak 38%.
Dilengkapi dengan Inverted fork BFF (Balance Free Fork) buatan Showa didepan serta Balance Free Rear Cushion untuk suspensi belakang, kedua suspensi ini dikembangkan berdasarkan suspensi balap yang berfungsi untuk meningkatkan traksi saat menikung cepat, travel lebih terkontrol serta reaksi yang lebih baik terhadap kondisi permukaan jalan yang kurang mulus.
Penghenti laju motor dibagian depan menggunakan double cakram stainless steel Brembo berdiameter 320 mm yang dijepit kaliper Brembo Monoblok 4 piston radial mounted sementara di bagian belakang menggunakan satu cakram 220 mm yang dijepit kaliper Nissin satu piston. Sistem pengereman sudah menerapkan sistem ABS sebagai standar pada motor ini.
Perangkat pendukung elektronik pada GSXR1000R berupa Continental Inertial Measurement Unit (IMU) yang membaca gerakan serta posisi motor 6 arah melalui 3 axis Pitch, Roll & Yaw (oleng).
Guna mendukung kinerja motor, ban menggunakan Bridgestone Battlax Racing Street RS11 berukuran 120/70ZR17 didepan, 190/55ZR17 dibelakang. 
Menurut pihak Suzuki, motor yang memiliki jarak sumbu roda 55.5 inch dan berat basah 203.2 kg ini sangat berpotensi untuk digunakan sebagai tunggangan pada ajang balap tetapi tetap nyaman sebagai besutan harian. Ada yang naksir??
Wassalam.




  

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki FXR150, motor canggih di jamannya

Kopi Daong, tempat ngopi ditengah hutan pinus Bogor

Sejarah & Spesifikasi RGV250 Gamma, sang legenda 2 stroke dari Suzuki (#2, MY 1990 - 1992)