Sejarah & Spesifikasi RGV250 Gamma, sang legenda 2 stroke dari Suzuki (#1, MY 1987 - 1989)

 Assalamualaikum wr wb, Salam sejahtera, apa kabar bro & sist di awal tahun 2021 ini? Semoga semua dalam keadaan sehat, banyak rejeki, tetap sehat & selalu dalam lindungan Allah swt ... Aamiin.

Setelah kita membahas sejarah & spesifikasi Honda NSR250 (klik disini), maka kali ini kita akan membahas pesaingnya yang berasal dari kubu Suzuki yakni RGV250 Gamma yang dipasarkan sejak 1987 hingga 1998.

RGV250 Gamma, 1987
RGV250 Gamma ini dibuat oleh Suzuki berdasarkan motor balapnya yang mengikuti lomba balap motor Grand Prix dunia.
Motor ini merupakan generasi penerus dari RG250 Gamma yang bermesin 2 stroke 247 cc 2 silinder in line berpendingin cairan yang dapat menghasilkan Tenaga hingga 46 hp/8,500 rpm serta Torsi 38.4 Nm/8,000 rpm.
Pada generasi RGV250 Gamma, mesin telah berubah menjadi 249 cc V Twin 90 derajat (di kemudian hari menjadi 70 derajat) dan dapat menghasilkan tenaga 45 hp - 67 hp (tergantung dari aturan batasan tenaga & kecepatan motor di negara masing-masing). 
RGV250 Gamma, 1988
Dimulai pada tahun 1987, Suzuki RGV250 Gamma dirilis mengusung mesin 249 cc (bore x stroke = 56.0 mm x 50.6 mm) V Twin 90 derajat, berpendingin cairan, rasio kompresi 7.5:1, dipasok bahan bakar oleh 2 unit Mikuni VM32SS dapat menghasilkan tenaga 45 hp/8,500 rpm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan. Masih menggunakan jok tandem dan bodi full fairing, RGV250 Gamma versi pertama ini lebih terlihat bergenre sport touring.
Pada tahun 1988, RGV250 Gamma mengalami perubahan bentuk yang sangat signifikan serta mesin yang lebih bertenaga dibandingkan dengan versi sebelumnya.
RGV250 Gamma, 1989
Suzuki RGV250 Gamma tahun 1988 memiliki bentuk yang lebih racy dibanding versi 1987, jok split, fairing yang lebih lancip, frame yang lebih kekar serta mesin 249 cc V Twin 90 derajat yang lebih bertenaga dan putaran mesin yang lebih tinggi yakni 50.4 hp/11,000 rpm. 
Di tahun 1989, mesin kembali mendapat sentuhan sehingga menghasilkan putaran mesin yang lebih tinggi serta Tenaga sebesar 59 hp/11,000 rpm, Torsi sebesar 37.3 Nm/10,800 rpm.
Menggunakan suspensi depan teleskopik dengan 2 cakram 300 mm yang dijepit kaliper 4 piston, sementara di belakang menggunakan swing arm dengan suspensi full floater serta 1 unit cakram 210 mm dengan kaliper 2 piston. Ban depan berukuran 110/70-17 sedangkan belakang berukuran 140/60-18. Dengan bobot kosong hanya 128 kg dan didukung dengan pengapian Suzuki PEI (Ponitless Electric Ignition), RGV250 Gamma dapat melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya 3,6 detik, sedangkan pada test drag dengan jarak tempuh 1/4 mile hanya dibtuhkan waktu 12.9 detik pada kecepatan 174 km/jam. Kecepatan maksimum yang dapat diraih oleh RGV250 Gamma tahun ini berkisar di angka 204 km/jam....cukup kencang dan mengerikan ya bro.....Lalu spesifikasi lengkap motor gahar ini seperti apa sih? Monggo disimak dibawah ini berikut galery foto-fotonya.....

RGV250 Gamma, 1988

RGV250 Gamma, 1989


RGV250 Gamma, 1989

RGV250 Gamma, 1989
Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki FXR150, motor canggih di jamannya

Kopi Daong, tempat ngopi ditengah hutan pinus Bogor

Sejarah & Spesifikasi RGV250 Gamma, sang legenda 2 stroke dari Suzuki (#2, MY 1990 - 1992)